Jumat, 28 Mei 2010

definisi dan tujuan IBD

PENDAHULUAN

tulisan ini berisi tentang pengertian ilmu budaya dasar dan tujuan dari ilmu budaya dasar.

ISI

ILMU BUDAYA DASAR
kali ini saya membahas tentang ilmu budaya dasar. ilmu budaya dasar ialah usaha yang diharpkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mempelajari masalah manusia dan budaya.
istilah ilmu budaya dasar dikembangkan pertama kali di indonesia sebagai pengganti istilah basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa inggris The Humanities dengan demikian bisa dikatakan bahwa The Humanities dengan nilai-nilai,yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia budya.
The Humanities dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup disiplin seni dan filsafat.

tujuan kita mempelajari ilmu budaya dasar adalah :
  1. untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap masalah budaya, sehingga daya tangkap dan penalaran mengenai lingkungan budaya manusia dapat menjadi lebih manusiawi.
  2. selain itu dengan mempelajari ilmu budaya dasar mahasiswa diharapkan dapat menemukan berbagai sikap nilai,harga diri dan sifat kemanusiaan yang sangat bermanaat untuk memperdalam dan memperluas pengetahun,tanggapan wawasan sehingga mampu memperluas budi nurani yang ada dialam dirinya.
  3. ilmu budaya dasar bertujuan khusus untuk menghasilkan warganegara sarjana dengan kulisifikasi seperti berjiwa pancasila sehingga segala tindkan dan keputusan mencerminkan pengamalan nilai pancasila dan integrasi kepribadian yang tinggi.
KESIMPULAN

Jadi ilmu budaya dasar berkaitan erat dengan wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap masalah budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar