Kamis, 14 April 2011

Faktor penyebab rambut rontok

Rambut rontok memang terkadang sangat menjengkelkan , penyebab rambut rontok juga biasa di identikkan dengan kondisi badan kita yang kurang fit. Kerontokan rambut tersebut memang bisa dicegah dengan mengkonsumsi obat untuk memperkaya vitamin rambut. Pada usia yang semakin tua rambut juga akan banyak yang lepas , di setiap hari manusia rata rata rambutnya akan rontok dari 50 helai sampai 150 ( dikutip dari kompas ) . namun setiap kerontokan maka akan muncul rambut baru yang akan menggantikan rambut yang rontok.

Ada beberapa penyebab rambut rontok dan di antaranya dalah berikut di bawah ini :

1. Androgenetic alopecia – Pada jenis ini manusia botak / rambut rontok di karenakan adanya faktor keturunan dari orang tua atau lebih tepatnya faktor keturunan genetika. faktor ini ternyata juga mempengaruhi tingkat kecepatan rontoknya rambut kita sampai ke arah kebotakan

2. Alopecia areata – Pada kebotakan jenis ini tidak terlalu di ketahui apa dan bagaimana penyebabnya , padahal para penderita “kebotakan” dalam keadaan yang sehat , hal ini masih dalam penelitian para ahli kerontokan rambut.

Dua di atas adalah jenis dari penyebab kerotokan rambut yang perlu untuk anda ketahui , selain dua di atas ada beberapa sebab yang memungkinkan rambut anda rontok sehingga menyebabkan kebotakan permanent.

adapun cara menghindari rambut rontok yaitu :

1. Mengidap suatu penyakit – Manusia yang sedang mengidap penyakit seperti diabetes akan lebih dimungkinkan untuk menderita kerontokan rambut sehingga ke depan tidak dimungkinkan untuk menjadi botak.

2. Karena kurang gizi – Pada umumnya kekurangan gizi seperti protein ( lihat juga artikel tentang fungsi protein ) dan juga zat besi dapat mengakibatkan rontoknya rambut , selain itu diet yang terlalu extrim juga berbahaya karena gizi di dalam tubuh banyak yang hilang.

3. Obat-obatan / Pengobatan – Terkadang setelah kia mengalami terapai kesehatan , mislanya kemoterapi maka rambut kita akan mudah rontok , namun pada kondisi ini rambut dapat tumbuh kembali.

4. Infeksi di kulit kepala – Pada saat terjadi infeksi di kulit kepala kita maka tingkat kerontokan pun akan menjadi semakin besar , untuk menghentikan infeksi bisa dengan menggunakan obat yang di usakan di kulit kepala kita

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi terjadinya Rambut Rontok:

* Makanlah makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain-lain.

* Hindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh yang imbasnya ke rambut juga.

* Jauhi obat-obatan yang dapat menganggu pertumbuhan rambut.

* Rajinlah berolah raga. Berolah raga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut.

* Selain rajin berolah raga, beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.

* Berhentilah merokok, kurangi konsumsi kafein. Kedua zat ini tidak baik untuk rambut anda.

* Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dan hindari pula menggunakan pengering rambut yang terlalu sering. Keringkanlah rambut anda hanya dengan handuk dan meng-anginkan di udara terbuka.

* Lindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung.

* Pilihlah menggunakan shampoo herbal yang bagus, jangan menggunakan shampoo yang terbuat dari bahan kimia yang tidak jelas.

* Sisirlah rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.

* Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Gunakanlah produk Obat Penyubur yang terbuat dari bahan alami.

* Saat anda mencukur rambut, sarankanlah tukang cukur anda menggunakan gunting yang cukup tajam.

* Hindari kebiasaan menarik narik rambut dengan alasan tidak jelas. Rambut adalah mahkota, jadi rawatlah ia dengan baik sebelum ia ngambek.

http://www.membuatblog.web.id/2010/09/penyebab-rambut-rontok.html

http://sayangdibuang.wordpress.com/2009/11/13/tips-mencegah-rambut-rontok/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar